-->

Review : Xiaomi Mi 5 Hardware Super Cepat dan Minus Eksternal Memori


Seiring makin agresifnya Xiaomi dalam menghadirkan “Superphone” harga terjangkau, pamornya pun kian bersinar di mata konsumen. Yang terbaru, dealer asal Tiongkok ini menghadirkan Xiaomi Mi 5. Berbekal chipset Snapdragon 820, fingerprint sensor dan sokongan teknologi kamera superior yang ada di telephone flagship, Xiaomi Mi5 digadang-gadang siap ‘mengganjal’ laju Samsung Galaxy S7 dan Juga iPhone SE.

Kemampuan Dual SIM dengan jaringan 4G LTE yang dibawanya, bisa digunakan untuk menikmati akses net terrific cepat semua operator 4G LTE di Indonesia. Tak hanya itu saja, Xiaomi Mi 5 pun dibekali teknologi Infrared dan bisa menjadikannya sebagai faraway control perangkat elektronik rumah tangga. Supaya lebih sip lagi, Saya akan mengulas performanya berikut ini. 
  • Harga Produk           : Rp 4.6.000.000,-

  • Paket Penjualan        : Handset, Charger, kabel statistics, buku guide, kartu garansi, SIM ejector

  • Pilihan Warna           : gold


Tak seperti kebanyakan flagship masakini yang hampir seluruh bodi berbalut metal, di Mi 5 hanya body alias cangkangnya saja yang menggunakan bahan aluminium aloy. Cover-nya tetap memakai plastik keras, namun dilapisi kaca 3-d yang membuatnya terlihat mewah. 

Struktur fisiknya cukup kokoh, dengan permukaan bodi yang flat di bagian depan, namun memiliki sisi melengkung (curve) di bagian belakang. Mirip Samsung Galaxy S7, hanya saja sedikit lebih panjang dan agak kaku. Menariknya, Mi5 memiliki desain dengan bezel yang sangat tipis.

Dengan ukuran layar 5.15 inci serta dimensi yang cukup kompak, Xiaomi Mi 5 terasa nyaman dan pas saat digenggam. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Serupa ponsel ‘mahal’ masa kini, layar Xiaomi Mi 5 pun diperkuat dengan lapisan kaca anti gores Corning Gorilla Glass four.

Di bagian bawah layar, terdapat tombol fisik berbahan keramik. Fungsinya, untuk tombol domestic sekaligus fingerprint sensor. Bentuknya bulat memanjang, agak kecil jika dibanding domestic button pada umumnya. Namun, memiliki tingkat sensitivitas dan respon yang lebih baik ketimbang Sapphire.

Xiaomi Mi 5 bisa dibilang sebagai salah satu cellphone generasi pertama yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820. SoC anyar Qualcomm ini diklaim memiliki performa terbaik yang ada di pasaran saat ini. Dengan custom Kryo cores, chipset yang digunakan Xiaomi Mi 5 ini juga menawarkan performa yang effective. Namun dengan sokongan prosesor 14nm yang dibawanya, jeroan telephone ini tetap irit konsumsi baterai.

Untuk mendukung performa chipset, Xiaomi Mi 5 dibekali pengolah grafis Adreno 530 yang diklaim forty% lebih cepat dibanding versi GPU sebelumnya. Alhasil, Xiaomi Mi 5 bisa dipacu dengan kencang dan lancar untuk memainkan game berat semisal N.O.V.A. 3: Freedom Edition, Spider-Man Unlimited hingga game balapan mobil maupun motor.

Sayangnya, cellphone yang diuji ini hanya dibekali garage internal 32 GB, tanpa slot memori ekspansi. Dari total memori yang ada, itu pun hanya sekitar 24 GB saja yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan beragam report penting. Selebihnya, dipakai untuk sistem ponsel. Jadi, untuk Anda yang hobi menyimpan report video HD dan foto-foto berukuran besar di ponsel, pastinya akan kecewa dengan kapasitas garage yang disediakan Mi 5 versi standar ini.

Urusan memori, Xiaomi sebenarnya cukup cerdik. Pasalnya, supplier Tiongkok ini menawarkan beberapa varian lain Mi 5 diantaranya dengan garage sixty four GB dan edisi Pro yang disokong RAM four GB serta ditopang storage 128 GB.

Supaya terkesan lebih teknis, Kami melakukan uji benchmark Xiaomi Mi 5. Dengan aplikasi AnTuTu, smartphone ini mengantongi skor 108124 setingkat di atas Meizu Pro 6 dan sedikit di bawah Samsung Galaxy S7 (SM-G930FD)  yang pernah diuji Kami. Sementara dengan GeekBench 3, Xiaomi Mi 5 membukukan angka 1930 unmarried-center dan 4550 multi-center.

Di phone ini, Xiaomi sepertinya sangat serius memanjakan pecinta fotografi. Tengok saja, kamera Mi 5 dijejali beragam fitur terkini semisal deep trench isolation (DTI) picture enhancement, 4-axis optical photo stabilization (OIS) serta pemrosesan gambar kelas atas. Kameranya sendiri menggunakan senor Sony IMX298 terbaru beresolusi sixteen MP. Tak hanya itu saja, lensanya juga dilindungi saffir glass untuk mencegah goresan dan kerusakan.

Beragam fitur kamera profesional pun tersedia dengan lengkap, salah satunya fitur Long Exposure hingga 32 detik. Ada juga opsi panorama, HDR, Straighten, HHT, Tilt-shift serta mode Fish eye. Untuk hasil foto, sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Detil gambar yang tertangkap kamera bisa diterjemahkan dengan baik. Hasil foto terlihat tajam, dengan warna yang herbal. Meski begitu, jika dikomparasi dengan kamera milik Samsung Galaxy S7 memang masih kalah tangguh.

Bagi yang ingin mengeksplorasi kemampuan fotografi, bisa memilih mode manual. Di sini, Anda bisa mengatur semua fitur sesuai dengan teknik foto yang dikuasai. 

Hanya saja, mode guide di Xiaomi Mi 5 ini masih kalah seasoned ketimbang Expert mode-nya kamera OPPO F1 Plus. Selain foto, kamera Xiaomi Mi 5 juga bisa dimanfaatkan untuk rekam video. Resolusi maksimalnya hingga 4K 2160p. 

Bagi yang hobi selfie, kamera depan berkekuatan four MP f/2.0, 1/3" sensor length, 2µm pixel length lumayan bisa diandalkan. Anda juga bisa memanfaatkan mode ‘Beautify’ sekaligus beragam filter keren untuk menghasilkan foto selfie terbaik.

Seperti kebanyakan smartphone yang ada di pasaran tanah air, Xiaomi Mi 5 pun tetap mempertahankan kemampuan Dual SIM Dual Standby. Hanya saja, slot SIM card yang dimilikinya tidak menerapkan konsep hybrid. Tray SIM card ada di sisi kiri atas bodi. Di dalamnya ada dua slot kartu SIM berjenis nano-SIM. Model ini sejatinya agak merepotkan. Terlebih untuk Anda yang sebelumnya masih menggunakan jenis micro-SIM atau bahkan mini-SIM.

Slot SIM card utama sudah mendukung jaringan 4G LTE Cat.12, dengan kecepatan akses records mencapai 600Mbps (down load) dan 150 Mbps (add). Selain itu, jaringan 4G di cellphone ini pun mengakomodasi hampir semua band frekuensi LTE yang dimiliki operator seluler tanah air, mulai dari LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500). 

Jadi, Anda bisa menggunakan kartu 4G Telkomsel, Indosat, XL, Tri maupun Smartfren di Xiaomi Mi 5. Poin plusnya, 4G LTE di ponsel ini juga sudah dibekali fitur Voice over LTE (VoLTE). Artinya, Anda bisa melakukan panggilan telpon lewat jaringan 4G. Hanya saja, Anda harus menggunakan kartu SIM yang telah mendukung layanan VoLTE. Sayang, layanan VoLTE di Indonesia masih belum bisa dinikmati secara maksimal. Pasalnya, belum semua operator seluler menggelar layanan VoLTE secara komersil, selain itu perangkat yang mendukung fitur VoLTE pun masih terbatas.

Selain jaringan 4G LTE, Xiaomi Mi 5 juga dilengkapi beragam media koneksi yang lumayan komplit mulai dari WiFi, WiFi Hotspot, Bluetooth, NFC dan juga port USB.  Seperti halnya Meizu Pro 6, USB port di Xiaomi Mi 5 pun sudah menggunakan Type-C.

Selein dibekali fitur-fitur tangguh khas telephone flagship, Xiaomi Mi 5 pun ternyata disokong beberapa fitur khusus nan unik. Sebut saja kompas virtual yang bisa dimanfaatkan untuk panduan mencari arah mata angin saat touring. 

Ada juga Scanner untuk barcode serta lampu senter. 

Yang paling keren, Xiaomi Mi 5 juga dilengkapi sensor infared dengan fungsi faraway manipulate (Mi Remote). Dengan fitur ini, Xiaomi Mi 5 bisa dijadikan layaknya remote manage untuk menghidupkan, mematikan serta mengatur semua perangkat elektronik rumah tangga semisal TV, AC, Fan, Box, A/V Receiver, DVD Player, Projector, Satelite Box termasuk Mi TV/Mi Box.

Kelebihan
1. Harga Terjangkau
2. Fingerprint sensor
3. Performa Dahsyat

Kekurangan
1. No memori eksternal
2. Baterai non-removable
3. Dual nano-SIM sedikit merepotkan

Click to comment